Tayangan halaman minggu lalu

Kamis, 15 Oktober 2009

Wajib Militer, Mau?

Guys and girls, rencananya nih, pemerintah akan menggelar Wajib Militer alias Wamil. Syaratnya, wong Indonesia, ber KTP Indonesia, dan berusia antara 18 sampai 45 tahun. Ini tercantum dalam RUU tentang Komponen Cadangan, yang akan diajukan Dirjen Potensi Pertahanan Dephan ke DPR RI tahun depan.

Wamil ini nantinya merupakan hal yang wajib, karena kalau terjadi sesuatu, terutama ada serangan dari luar, pemerintah bisa memobilisasi warganya untuk diperbantukan.

Memang sih, ada berbagai pendapat yang muncul, dan tentunya pro dan kontra. Yang pro jelas akan mengatakan, ini sangat penting untuk menumbuhkan nasionalisme, dan rasa cinta tanah air dan bangsa. Yang nggak setuju jelas akan menolak, karena dalam RUU ini disebutkan, kalau pemerintah sudah memanggil, sekalipun dia bekerja di sebuah instansi swasta, yang bosnya paling galak sekalipun, tetap harus mengizinkannya, demi kepentingan negara.

Kalau di Thailand, ada dispensasi tidak ikut Wamil untuk mereka, yang punya prestasi tersendiri. Paradorn Srichaphan misalnya. Petenis andalan Thailand ini dapet dispensasi, soalnya prestasinya membanggakan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar